CARA PENGGUNAAN MOBILE EDUKASI



MOBILE EDUKASI
Disususun Oleh













Kelompok 5










 PENDIDIKAN FISIKA
PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDILKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
           2017  


















     


Mobile Edukasi

Portal m-Edukasi sebagai portal pembelajaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan alamat url http://m-edukasi.kemdikbud.go.id. Portal ini menyediakan berbagai media pembelajaran interaktif (MPI), game edukasi, serta aneka simulasi bagi guru, siswa dan siapapun yang mau belajar. m-Edukasi merupakan sarana pembelajaran yang bisa diakses siapapun tanpa mengenal batasan ruang dan waktu. Pada menu bar di aplikasi ini terdapat beberapa pilihan, yakni Home, Konten Mobile, Konten Lengkap, Lomba Mobile Kihajar, dan Dari Kami.
1.      Dari Kami
Pilihan Dari Kami ini berisi profil,sejarah, visi misi, dan struktur organisasi dari Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan selaku pengembang dari mobile edukasi ini.

2.      Home
Merupakan beranda atau halaman awal dari mobile learning ini, yang menampilkan beberapa konten yakni:
·         konten terbaru, yang berisi konten-konten yang baru diupdate pada mobile edukasi
·         Konten mobile edukasi, menampilkan konten-konten pembelajaran yang dimiliki oleh mobile edukasi
·         Konten hasil lomba, berisi konten yang dihasilkan oleh para peseta lomba mobile kihajar yang di upload ke mobile edukasi.
·         Konten teaching aid’s, berisi konten yang lebih menyasar pembelajaran kepada anak-anak.

3.      Konten Mobile
Berisi seluruh konten yang ada di mobile edukasi, untuk mencari materi yang dibutuhkan dapat dengan cara menyesuaikan tahun yang di cari dengan tahun pada tahun kolom pengaploudan konten tersebut.

4.      Konten Lengkap
Konten lengkap berisi 8 jenis pilihan, yakni Virtual laboratorium, Katalog media, E-budaya , Stok media, Teaching aid’s, Mobile edukasi , MPI Online, MPI Offline .

·         Virtual laboratorium
Virtual lab atau lab maya merupakan model pembelajaran berbasis TIK  yang dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan ruang bagi pengguna melakukan eksplorasi atau eksperimen secara virtual.  Laboratorium atau sering di singkat lab merupakan tempat siswa biasanya melakukan eksperimen terhadap suatu objek yang butuh dipastikan kebenarannya. Virtual atau maya karena tidak dilakukan di ruang laboratorium tetapi berbasis komputer berpiranti mobile gadgetdan difasilitasi oleh jaringan

·         Katalog media
Berisi pengantar dan kompetensi dari materi yang telah tertera saat kita membuaka katalog media

·         E-budaya
Pada konten ini tersedia pilihan menu area budaya dan unsur budaya.
Ø  Area budaya berisi nama-nama daerah di indonesia disertai profil daerah tersebut.
Ø  Unsur budaya berisi mengenai unsur-unsur kebudayaan di tiap daerah di indonesia. Seperti kesenian tradisional,upacara tradisional di tiap daerah dan masih banyak lagi.

·         Stok media
Berisi tentang pembelajaran yang disampaikan dengan media yang mudah dimengerti dan disertai gamabar juga konten-konten games didalamnya.

·         Teaching aid’s
Program ini digunakan sebagai alat bantu ajar untuk anak TK A dengan materi utama Kehidupan di pegunungan. Materi yang disajikan antara lain, Keadaan lingkungan gunung, Tata cara kehidupan atau kebiasaan di gunung dan macam-macam mata pencaharian di gunung. Penyampaian materinya menggunakan tampilan berupa gambar, animasi maupun video yang dapat menarik perhatian siswa, sehingga m-kit guru ini diharapkan dapat menjadi media yang efektif untuk menyampaikan informasi pengetahuan bagi anak usia dini tentang kehidupan di pegunungan. M-Kit Guru ini juga dilengkapi dengan beberapa jenis game yang berkaitan dengan tema sebagai bahan untuk mengevaluasi kemampuan anak dalam menerima sebuah informasi melalui media ini. Beberapa game yang terdapat pada program ini antara lain, mengurutkan gambar seri, bermain flashcard, dan memasangkan gambar dengan tulisan.

·         Mobile edukasi
Berisi seluruh konten materi yang ada di mobile edukasi. Terdapat kolom tahun yang gunanya untuk mencari materi berdasarkan tahun upload nya.

·         MPI Online
Berisi media pembelajaran interaktif  yang penggunaannya hanya dapat dilakukan saat pengguna terkoneksi dengan jaringan internet. Dan sasarannya lebih kepada siswa smk.
·         MPI Offline
Berisi media belajar yang dapat di gunakan saat offline tetapi dengan catatan harus di download terlebih dahulu.

5.      Lomba Mobile Kihajar
Lomba Mobile Kihajar yang dulunya bernama Lomba Mobile Edukasi. Lomba ini mempertandingkan karya Aplikasi Mobile Edukasi, yaitu aplikasi yang dijalankan di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan. Lomba ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan dan merupakan rangkaian acara Anugerah Kihajar yang diselenggarakan oleh Pustekkom Kemdikbud.
·         Konten Hasil Lomba
Berisi konten-konten media belajar yang dibuat oleh peserta lomba.
·         Web Lomba Mobile
Merupakan web yang berisi informasi seputar Lomba Mobile Kihajar dari mulai Dasar Hukum, Sasaran, Tujuan, hingga Tahapan Pelaksanaan dari Lomba Mobile Kihajar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDAN MAGNETIK BUMI

alat ukur ticker timer

SEJARAH PRAMUKA DUNIA