CARA PENGGUNAAN MOBILE EDUKASI
MOBILE EDUKASI
Disususun
Oleh
Kelompok 5
PENDIDIKAN
FISIKA
PENDIDIKAN
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDILKAN
UNIVERSITAS
LAMPUNG
2017
Mobile Edukasi
Portal
m-Edukasi sebagai portal pembelajaran resmi Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, dengan alamat url http://m-edukasi.kemdikbud.go.id.
Portal ini menyediakan berbagai media pembelajaran interaktif (MPI), game
edukasi, serta aneka simulasi bagi guru, siswa dan siapapun yang mau belajar.
m-Edukasi merupakan sarana pembelajaran yang bisa diakses siapapun tanpa
mengenal batasan ruang dan waktu. Pada menu bar di aplikasi ini terdapat
beberapa pilihan, yakni Home, Konten
Mobile, Konten Lengkap, Lomba Mobile Kihajar, dan Dari Kami.
1.
Dari
Kami
Pilihan
Dari Kami ini berisi profil,sejarah,
visi misi, dan struktur organisasi dari Balai Pengembangan Multimedia
Pendidikan dan Kebudayaan selaku pengembang dari mobile edukasi ini.
2.
Home
Merupakan
beranda atau halaman awal dari mobile learning ini, yang menampilkan beberapa
konten yakni:
·
konten
terbaru, yang berisi konten-konten yang baru diupdate pada
mobile edukasi
·
Konten
mobile edukasi, menampilkan konten-konten pembelajaran
yang dimiliki oleh mobile edukasi
·
Konten
hasil lomba, berisi konten yang dihasilkan oleh
para peseta lomba mobile kihajar yang di upload ke mobile edukasi.
·
Konten
teaching aid’s, berisi konten yang lebih menyasar
pembelajaran kepada anak-anak.
3.
Konten
Mobile
Berisi
seluruh konten yang ada di mobile edukasi, untuk mencari materi yang dibutuhkan
dapat dengan cara menyesuaikan tahun yang di cari dengan tahun pada tahun kolom
pengaploudan konten tersebut.
4.
Konten
Lengkap
Konten
lengkap berisi 8 jenis pilihan, yakni Virtual
laboratorium, Katalog media, E-budaya , Stok media, Teaching aid’s, Mobile
edukasi , MPI Online, MPI Offline .
·
Virtual
laboratorium
Virtual lab atau lab maya merupakan model pembelajaran
berbasis TIK yang dikembangkan dengan
tujuan untuk memberikan ruang bagi pengguna melakukan eksplorasi atau
eksperimen secara virtual. Laboratorium
atau sering di singkat lab merupakan tempat siswa biasanya melakukan eksperimen
terhadap suatu objek yang butuh dipastikan kebenarannya. Virtual atau maya
karena tidak dilakukan di ruang laboratorium tetapi berbasis komputer
berpiranti mobile gadgetdan difasilitasi oleh jaringan
·
Katalog
media
Berisi pengantar dan
kompetensi dari materi yang telah tertera saat kita membuaka katalog media
·
E-budaya
Pada konten ini tersedia pilihan menu area budaya dan unsur budaya.
Ø Area budaya
berisi nama-nama daerah di indonesia disertai profil daerah tersebut.
Ø Unsur budaya
berisi mengenai unsur-unsur kebudayaan di tiap daerah di indonesia. Seperti
kesenian tradisional,upacara tradisional di tiap daerah dan masih banyak lagi.
·
Stok
media
Berisi tentang
pembelajaran yang disampaikan dengan media yang mudah dimengerti dan disertai
gamabar juga konten-konten games didalamnya.
·
Teaching
aid’s
Program ini digunakan
sebagai alat bantu ajar untuk anak TK A dengan materi utama Kehidupan di
pegunungan. Materi yang disajikan antara lain, Keadaan lingkungan gunung, Tata
cara kehidupan atau kebiasaan di gunung dan macam-macam mata pencaharian di
gunung. Penyampaian materinya menggunakan tampilan berupa gambar, animasi
maupun video yang dapat menarik perhatian siswa, sehingga m-kit guru ini
diharapkan dapat menjadi media yang efektif untuk menyampaikan informasi
pengetahuan bagi anak usia dini tentang kehidupan di pegunungan. M-Kit Guru ini
juga dilengkapi dengan beberapa jenis game yang berkaitan dengan tema sebagai
bahan untuk mengevaluasi kemampuan anak dalam menerima sebuah informasi melalui
media ini. Beberapa game yang terdapat pada program ini antara lain,
mengurutkan gambar seri, bermain flashcard, dan memasangkan gambar dengan
tulisan.
·
Mobile
edukasi
Berisi seluruh konten
materi yang ada di mobile edukasi. Terdapat kolom tahun yang gunanya untuk
mencari materi berdasarkan tahun upload nya.
·
MPI
Online
Berisi media
pembelajaran interaktif yang penggunaannya
hanya dapat dilakukan saat pengguna terkoneksi dengan jaringan internet. Dan
sasarannya lebih kepada siswa smk.
·
MPI
Offline
Berisi media belajar
yang dapat di gunakan saat offline tetapi dengan catatan harus di download
terlebih dahulu.
5.
Lomba
Mobile Kihajar
Lomba
Mobile Kihajar yang dulunya bernama Lomba Mobile Edukasi. Lomba ini
mempertandingkan karya Aplikasi Mobile Edukasi, yaitu aplikasi yang dijalankan
di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan. Lomba
ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan
Kebudayaan dan merupakan rangkaian acara Anugerah Kihajar yang
diselenggarakan oleh Pustekkom Kemdikbud.
·
Konten
Hasil Lomba
Berisi konten-konten
media belajar yang dibuat oleh peserta lomba.
·
Web
Lomba Mobile
Merupakan web yang
berisi informasi seputar Lomba Mobile
Kihajar dari mulai Dasar Hukum, Sasaran, Tujuan, hingga Tahapan
Pelaksanaan dari Lomba Mobile Kihajar.
Komentar
Posting Komentar